Resume SIA (Sistem Informasi Akuntansi)

Diposting oleh : rizky ae | Dirilis : 23:18:00 | Series :
Nama: Rizky Yanwinarto
Nim : 10390100023


Resume SIA

Informasi merupakan sumber daya yang vital dalam suatu Organisasi:
Karena dengan adanya suatu informasi, maka organisasi itu akan dapat lebih berkembang karena informasi tersebut dapat diolah menjadi suatu bahan pertimbangan apakah organisasi itu siap untuk menjadi organisasi yang lebih maju dan berkembang.


Karakteristik Sistem:

Sistem terdiri dari beberapa Subsistem yang di dalamnya berisikan elemen-elemen yang saling terkait untuk mencapai tujuan tertentu.

Subsistem merupakan 1 bagian atau lebih dari sebuah sistem yang besar.


Komponen SIA :
  1. Orang-orang
  2. Prosedur-prosedur
  3. Data
  4. Software
  5. Infrastruktur Teknologi Informasi

Fungsi Utama SIA :
  1. Mengumpulkan & menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan oleh organisasi agar pihak manajemen, pegawai, dan pihak-pihak luar yang berkepentingan dapat meninjau ulang hal-hal yang telah terjadi.
  2. Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan.
  3. Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga aset-aset organisasi termasuk data organisasi untuk memastikan bahwa data tersebut tersedia saat dibutuhkan, akurat, andal.


Faktor-faktor yang mempengaruhi desain SIA :

-Budaya Organisasi

-Strategi

-Teknologi Informasi




Peran Sia Dalam Rantai Nilai (Value Chain)

Kebanyakan organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan mereka. 
Rantai nilai terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
1. Inbound logistics terdiri dari penerimaan, penyimpanan dan distribusi bahan-bahan masukan yang digunakan oleh organisasi untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijualnya.
2. Operasi (operations) adalah aktivitas yang mengubah masukan menjadi jasa atau produk yang sudah jadi. Contoh, aktivitas perakitan di dalam sebuah perusahaan otomotif mengubah bahan mentah menjadi mobil yang lengkap.
3. Outbound logistics adalah aktivitas yang melibatkan distribusi produk yang sudah jadi ke para pelanggan. Contoh, mengirimkan mobil yang sudah jadi melalui jasa pelayaran ke para dealer mobil.
4. Pemasaran dan penjualan mengarah pada aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan membantu para pelanggan untuk membeli jasa atau produk yang dihasilkan organisasi. Pemasangan iklan adalah sebuah contoh kegiatan pemasaran dan penjualan.
5. Pelayanan (service) memberikan dukungan pelayanan purna jual kepada para pelanggan. Misalnya pelayanan perbaikan dan perawatan.





Sumber-sumber yang terkait: 

Sumber: http://aguscapela.blogspot.com/2010/02/makalah-sistem-informasi-akuntasi-sia.html
Sumber: http://blog.re.or.id/definisi-informasi-2.htm